Interview Tempo Dengan Anwar Ibrahim: Kini Momentum Gulingkan Najib?

Anwar Ibrahim

DS Anwar Ibrahim Image via Wikipedia

(Petikan daripada tempo Interaktif ” Anwar Ibrahim: Kini Momentum untuk Gulingkan Najib Razak” 16 Juli 2011)  

Sabtu, 16 Juli 2011 | 08:35 WIB

Besar Kecil Normal

Anwar Ibrahim. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pemimpin oposisi Malaysia, Anwar Ibrahim, merasa seperti pejuang karena kemarin semua harus dilakoninya sendiri. Ia pulang ke negaranya tanpa pengawalan dari orang-orang dekatnya. Dengan setelan kemeja panjang berwarna putih, celana panjang hitam, ditambah kacamata hitam sebagai aksen, ia menarik kopernya sendiri menghampiri Tempo yang menunggunya di depan sebuah restoran cepat saji di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Tangan kanannya memegang jas warna abu-abu, sebuah majalah berita mingguan, sebuah buku, dan Blackberry. Karena situasi ramai pengunjung, wawancara ditunda sampai ia selesai melapor–juga sendirian–ke gerai maskapai Air Asia. Mantan wakil perdana menteri sekaligus menteri keuangan semasa rezim Mahathir Mohamad berkuasa ini sempat bertemu seorang pengagum yang menyalaminya sambil mendoakan keberhasilan buat perjuangannya.

“Saya ini seperti seorang marhaenis, di mana-mana banyak dukungan. Saya juga selalu menikmati makan di restoran atau di warung,” katanya, sambil menghirup kuah sayur asem, kepada Faisal Assegaf dan juru foto Yosep Arkian. Ia memilih menu nasi timbel dengan ayam goreng, sayur asem, dan tempe goreng, ditambah jus jeruk untuk makan siang yang sudah terlambat. Itu pun tidak sempat ia habiskan karena harus mengejar jadwal penerbangan yang mepet.

Kali ini, ia menegaskan bahwa sekaranglah momentum untuk menggulingkan Perdana Menteri Najib Razak setelah unjuk rasa besar-besaran pada pekan lalu. Pada kesempatan itu, kakek dua cucu berusia 64 tahun ini juga membantah tudingan dari mantan sekretaris politiknya, Ezzam M. Noor, bahwa ia seorang biseksual.

Berikut ini penuturannya selama sekitar 20 menit.

Tempo (T): Apakah sekarang momentum untuk menggulingkan Najib?
Anwar (A): Kita harus lihat bahwa unjuk rasa itu dalam keadaan cukup terbatas. Seluruh Kuala Lumpur dikepung, orang nggak dibenarkan masuk, tapi masih dapat kumpulan sebegitu ramai. Mayoritas Melayu muslim, sebagian orang-orang penting dari etnis Cina, India, golongan profesional, pengacara.
Kita menuntut pemilu jurdil dan bersih. Tampaknya Pak Najib masih menolak dan mengambil tindakan keras. Sekarang dinafikan, ini kita hanya pura-pura. Padahal, pengawal saya cedera parah di mukanya (sambil menunjuk ke wajahnya), sudah dioperasi tiga hari lalu. Begitu ramai yang ditahan, termasuk anak saya.
Kalau kita bilang mau negosiasi, mereka nolak. Dikatakan gunakan parlemen, parlemen itu digunakan sebagai stempel saja. Jadi, kita harus teruskan (demontrasi ini) karena tidak ada pilihan.

T: Kapan unjuk rasa selanjutnya?
A: Itu belum kita putuskan. Tapi, melihat kali pertama sejak 1998 di mana media internasional membuka mata. Kali ini, 100 juta ringgit yang dibelanjakan (untuk menciptakan citra Malaysia yang bagus) itu nampak pecundang.

T: Berarti momentum ini harus dipelihara?
A: Iya, saya setuju. Cuma kalau di media Malaysia diputar balik semua. Saya dituduh menjadi petualang, pengkhianat, saya sebagai agen asing.

T: Apakah Anda terinspirasi dengan unjuk rasa di Tunisia dan Mesir?
A: Benar, tapi kita masih ikut jalur konstitusi karena suasana dan situasinya berbeda. Saya berpendapat kalau bisa kita memilih cara lebih sesuai dengan iklim politik Malaysia. Tidak bermakna ikut pemilu dengan sistem yang ada sekarang.

T: Apakah Anda merasa Pemerintah Malaysia meremehkan pengaruh Anda lantaran Anda masih bebas ke luar negeri?
A: Saya telah dicekal dengan cara tudingan jahat dan fitnah jahat di mahkamah, dicekal dengan berita aib sehari-hari di media, digantung di parlemen enam bulan tanpa ruang. Mereka menggunakan hukum untuk menjatuhkan hukuman atas kasus sodomi yang direkayasa. Cara begitu sama dengan dicekal. Najib akan gunakan cara seperti Mahathir.
Kalau meremehkan saya, dia (Najib) tidak serang saya harian. Dia tidak belanja jutaan ringgit untuk kampanye besar-besaran (menjelekkan saya). Dia sudah fobia.

T: Apakah demo selanjutnya dalam bulan ini?
A: Sepatutnya harus disegerakan. Itu sudah menjadi konsensus.

T: Apakah perlu seorang martir untuk makin menguatkan demo anti-Najib ini?
A: Sudah ada seorang yang mati karena sesak napas ditembak dari dekat. Namanya Baharuddin. Saya pergi ke penguburannya. Kami ditembak dari dekat dengan gas air mata. Saya terpaksa gunakan oksigen saat di rumah sakit.

T: Ada rencana melaporkan kekerasan aparat keamanan Malaysia ke Dewan HAM ASEAN atau PBB?
A: Kalau ASEAN sukar ambil tindakan. Negara demokratis seperti Indonesia, Filipina, dan Thailand harus ke depan untuk soal ini, jangan tunggu Eropa dan Amerika.

T: Jadi, bakal melapor ke Dewan HAM PBB?
A: Kita ada rapat hari Selasa (19 Juli 2011) untuk memutuskan.

T: Apakah ada dukungan secara pribadi dari pemimpin negara lain terhadap Anda pascademo ricuh lalu?
A: Ada telepon langsung ke saya dari sejumlah pemimpin di negara muslim, Eropa, dan Amerika. Dalam soal hak asasi mereka konsisten. Obama juga memberikan dukungan, tapi dalam kasus awal.

T: Apa komentar Anda soal tuduhan Ezzam bahwa Anda seorang biseksual?
A: Itu pernyataan dari orang-orang yang sudah dibeli oleh UMNO. Kalau saya bawa ke mahkamah, tidak mungkin dengan sistem di Malaysia mahkamah tidak mungkin akan memenangkan saya. Orang-orang seperti itu upahnya tinggi dan dilindungi. Karena membuat tudingan itu, ia diangkat menjadi senator. Apakah kita harus layani? Yang saya herankan masih media masih memberi ruang terhadap orang seperti itu.

T: Tapi ia mengaku Anda pernah menggoda dia?
A: Itu pertama kali yang dibikin. Maknanya semasa digoda, sepuluh tahun ia masih melayani saya. Itu gila.

 

2 Responses “Interview Tempo Dengan Anwar Ibrahim: Kini Momentum Gulingkan Najib?” →
  1. Hey there, You’ve performed a fantastic job. I will definitely digg it and in my view suggest to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this site.

    Reply
  2. Just wish to say your article is as astounding. The clarity on your put up is simply spectacular and i can assume you are knowledgeable on this subject. Fine together with your permission let me to snatch your RSS feed to stay up to date with imminent post. Thanks 1,000,000 and please carry on the enjoyable work.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: